Mengenal Jenis Dan Macam-macam Ukuran Polybag

Polybag merupakan plastik yang berbentuk segiempat dan biasanya memiliki warna hitam, putih, dan transparan. Polybag ini biasanya digunakan sebagai wadah atau tempat untuk menanam tanaman. Polybag juga sangat beragam ukurannya. Biasanya ukuran polybag menyesuaikan dengan tanaman apa yang ingin ditanam. Ada yang berukuran kecil yang biasanya digunakan untuk pembibitan, ada juga yang berukuran besar biasanya digunakan untuk menanam tanaman yang sudah hamper berbuah. Dalam menentukan ukuran polybag, hal yang harus kita perhatikan adalah bentuk akar dari tanaman, perkembangan tanaman yang akan kita tanam kemungkinan akan tumbuh ataupun tidak, dan lahan untuk bercocok tanamnya.

Berikut beberapa jenis ukuran polybag dan juga manfaatnya, diantaranya adalah:
-Polybag berukuran 8 x 9 cm
Polybag ini biasanya berfungsi untuk menyemai biji sayur-sayuran sebagai contohnya adalah untuk menyemai biji cabe, bayam, terong, paprika, dan lain lain.

-Polybag berukuran 10 x 15 cm
Polybag ini merupakan ukuran polybag yang sangat baik untuk digunakan sebagai pembibitan tanaman. Lebih tepatnya adalah tanaman sengon. Tanaman sengon adalah salah satu tanaman yang baik ditanam di perkebunan milik warga. Dengan berbisnis menjual bibit sengon, dijamin akan sangat menguntungkan.

-Polybag berukuran 12 x 17 cm
Polybag ini biasanya digunakan ketika bibit tanaman yang kita tanam sudah mulai tumbuh.

-Polybag berukuran 17.5 x 40 cm
Polybag ini biasanya banyak digunakan oleh sebagian besar orang untuk menanam tanaman sayur-sayuran di pekarangan rumah. Karena ukuran polybag ini sangatlah tepat, tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil.

-Polybag berukuran 40 x 50 cm
Polybag ini biasanya digunakan untuk melakukan budidaya jahe namun tidak memiliki lahan yang luas. Cara pemeliharaanya juga tidaklah sulit karena kita hanya cukup menyiramnya dan memberikan pupuk secara teratur. Hal yang harus diperhatikan adalah kita tidak boleh terlalu menyiramnya juga karena hal ini akan membuat tanaman cepat mati dan juga membusuk.

Fungsi dan kegunaan polybag
Berikut ini beberapa fungsi dan kegunaan dari polybag:
– Memudahkan dalam merawat tanaman
– Menghemat lahan
– Mudah dipindahkan
– Menghemat penggunaan pupuk dan air
– Memudahkan dalam menyeleksi bibit tanaman yang akan ditanam
– Polybag berwarna hitam

Polybag berwana hitam ini berfungsi untuk melindungi akar tanaman dari sinar matahari, karena jika terkena matahari langsung akan merusak tanaman yang ditanam pada polybag.
– Polybag berwarna putih
Polybag berwarna putih ini berfungsi untuk memudahkan pengecekan akar tanaman. Namun polybag putih ini sifatnya hanya sementara, jika akarnya sudah tumbuh maka tetap akan dipindahkan kedalam polybag yang berwarna hitam.

Macam macam Tanaman yang Bisa Digunakan untuk Budidaya dengan Polybag
Beberapa tanaman yang bisa dibudidayakan dengan polybag contohnya adalah cabe, jahe, kangkung, seledri, selada, dan sayur sayuran yang lain. Dalam memelihara tanaman pada polybag, hal yang harus selalu diperhatikan adalah rajin untuk menyiramnya dan juga pemupukannya.

Pada intinya adalah jika kita ingin membudidayakan tanaman dengan menggunakan polybag sebagai wadahnya, maka sebaiknya menggunakan polybag yang berukuran besar. Hal ini bertujuan agar tanaman yang ditanam mendapatkan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Selain memperhatikan ukuran polybag, hal lain yang harus diperhatikan adalah kualitas polybag yang digunakan. Untuk mendapatkan polybag kini tidaklah sulit karena polybag memang dijual di banyak toko tanaman maupun di pasar pasar tradisio nal. Polybag juga dijual secara online , jika anda membutuhkan polybag call/sms/wa 085233925564 – 087702821277 – 081232584950. Info harga polybag termurah silahkan klik DISINI.