Melirik Cara Budidaya Gambas (Oyong) Secara Tepat, Agar Panen Menggunung!

Gambas atau oyong ialah komunitas sayuran minor. Budidayanya umum diterapkan di halaman atau ladang yang tak dipakai untuk tumbuhan lain. Gambas dipanen saat masih muda serta diolah untuk dibuat sayur.

Untuk Anda yang ingin membudidayakan gambas/oyong dengan sukses, wajib hukumnya bagi Anda menyimak tahapan cara budidaya berikut ini :

1. Persiapan Benih
Anda yang ingin mencoba bisnis budidaya gambas atau oyong, Sangat butuh mengerjakan langkah-langkah persiapan yang matang.

Langkah persiapan awal guna budidaya gambas ialah mempersiapkan benih yang bakal ditanam. Kalau Anda mau membuat benihnya sendiri, maka Anda butuh menyediakan biji yang telah tua, lalu keringkan serta letakkan ke toples dengan abu sekam ataupun arang yang tealh dihaluskan.

Sesudah dimasukkan dan disimpan beberapa waktu, Anda bisa meneruskan proses ke langkah penyemaian. Proses ini mewajibkan Anda perlu menyediakan teralis untuk area/tempat merambatnya batang gambas. Diamkan benih tersebut selama 3 minggu pada persemaian, jadi pada beberapa helai daun bakalan muncul.

2. Persiapan Area Lahan & Penanaman
Guna penanaman gambas, Anda bisa memakai sistem guludan, sistem lubang tanah, serta satu lagi yaitu sistem bedengan. Ke 3 sistem untuk lahan ini amat pas dipakai guna mengembangkan budidaya gambas/oyong.

Dari semua sistem diatas, yang jadi poin awalnya ialah tanah yang dipakai perlu tanah gempur supaya tanaman gambas bisa berkembang secara baik.

Untuk langkah penanaman, Anda bisa mengerjakan tahap persemaian lebih dulu, kalau tidak ingin, Anda bisa menanam dengan langsung. Guna benih yang telah disemai, Anda cuma harus memindahnya di area lahan yang telah disediakan, tak lupa pula kasih sedikit pupuk tambahan supaya perkembangan gambas bisa maksimal.

# Baca juga artikel berikut ini Tips Cara Gampang Budidaya Buah & Sayur Dalam Tabulampot

3. Perawatan & Pemeliharaan
Pemeliharaan dan perawatan pada budidaya tanaman ini cukuplah gampang diterapkan. Anda cuma harus mengerjakan pemangkasan/pemotongan bagi daun-daun gambas saat nampak rimbun berlebihan.

Serta jangan lupa untuk menyiram tanaman gambas dengan teratur supaya keperluan gambas pada air bisa terpenuhi. Kalau area lahan budidaya ditumbuhi rerumputan liar, jadi Anda harus menyingkirkannya supaya gambas tak rebutan makanan dengan rumput-rumput tersebut.

Guna tahap pemanenan, Anda bisa mengerjakan pada umur gambas yaitu sekitar 50-70 hari. Gambas memang dapat dipanen di umur muda, jadi dalam kurun waktu yang cukup singkat telah bisa dikerjakan langkah pemanenan.

Cukup disini untuk beberapa tips dan trik yang perlu Anda kerjakan guna bisa mengerjakan tahapan pada budidaya gambas. Kerjakan langkah budidaya diatas dengan rajin dan teliti supaya hasilnya dapat maksimal.