Macam-Macam Hama Pada Kelapa Sawit

Kelapa sawit adalah tanaman industri terpenting yang menghasilkan minyak masak, minyak industri, ataupun bahan bakar.

Pendapatan yang besar menjadikan banyak hutan serta perkebunan usang dialihfungsikan jadi perkebunan kelapa sawit. Negara Indonesia ialah penghasil minyak kelapa sawit paling besar di dunia. Untuk di negara Indonesia penyebarluasannya di wilayah Aceh, pantai timur Sumatra, Kalimantan, Jawa, serta Sulawesi.

Lalu apa yang sering menggangu tanaman sawit, hingga membuat petani resah? simak penuturannya berikut :

1. Nematoda Nematoda atau nama ilmiahnya (Rhadinaphelenchus cocophilus) ialah semacam jenis hewan renik/bakteri. Tanda-tanda pohon sawit yang terjangkit hama nematoda ini yaitu :
– Daun yang terjangkit penyakit ini menjadi menggulung serta tumbuh tegak lurus, tidak terbuka seperti biasanya.
– Warna daun telah berubah jadi agak menguning serta lalu akan layu serta mengering.
– Tandan/tempat buah tak bisa terbuka dan akan membusuk jadi tidak mengeluarkan buah
– Jika batang pokok dipangkas, jadi bakal menemukan garis melingkar semisal cincin yang berwarna merah ataupun kemerahan.

2. Tungau merah atau nama ilmiahnya (Oligonychus sp.) Tungau merah ialah semacam hama pathogen yang menyerbu di bagian akar tumbuhan kelapa sawit. Bentuk dan ukuran tubuh tugau amat kecil, sampai jika mau melihatnya, disarankan memakai lup, loupe, atau juga kaca pembesar. Ciri-ciri ketika terjangkit : Bentuk daun kelapa sawit yang terjangkit bakal berubah warna menjadi berwarna sedikit perunggu dan mengkilat.

3. Hama yang bernama Pimelephila ghesquierei. Ciri-ciri ketika terjangkit : Serangan mengakibatkan lubang di daun muda menjadikan banyak daun yang retah dan patah.

4. Oryctes rhinoceros atau yang sering disebut (wawung/kumbang badak/kumbang tanduk). Ada juga gejala tanaman sawit yang terjangkit hama ini ialah : Daun yang muda yang masih belum membuka (biasa disebut dengan pupus/janur) serta di pangkal daun-daun berlubang sebab dilahap oleh kumbang ini.

5. Ngengat atau Tirathaba mundella mulanya berbentuk seperti kupu-kupu yang berwarna agak kelabu dengan 4 sayap. Lalu hewan ini akan bertelur di wadah tandan buah yang sudah sangat matang dan masak atau buah yang sudah busuk. Oleh sebab itu, tak diperbolehkan meninggalkan TBS yang busuk di area penanaman tenaman kelapa sawit ini, sebab pula dapat jadi media perkembangan kembang hama ngengat atau tirathaba tersebut.

 

Lim corporation menyediakan polybag hitam untuk pembibitan kelapa sawit ,ukuran sesuai dengan permintaan. Dengan menggunakan polybag tanaman bisa dipindahkan dengan mudah, untuk info harga polybag terupdate klik DISINI. Info selengkapnya call/sms/wa 087702821277 – 081232584950 – 085233925564.